Microsoft Silverlight, Aplikasi Client-Side Baru


Seiring dengan berkembangnya teknologi website saat ini, cara orang dalam mengakses dan menikmati sajian informasi  yang diberikan oleh website pun semakin berkembang. Jika selama ini teknologi  pengembangan web lebih terfokus pada pengembangan client-server, dimana pengakses baru dapat menikmati informasi yang dibutuhkannya setelah hasil request data ke server selesai kemudian ditampilkan di browser client, maka kini telah hadir alternatif lain dari teknologi  website ini.
Microsoft Silverlight merupakan sebuah aplikasi yang memberikan pengalaman baru dari sisi client. Dengan memakai plug-in bernama Microsoft Silverlight ini, client diharapkan tidak akan hanya bersikap pasif pada saat menunggu data hasil request ke server selesai dikirim. Konsep yang dipakai dalam pengembangan Microsoft Silverlight sendiri adalah konsep RIA (Rich Internet Application). Konsep ini mengembangkan sisi client untuk dapat mengerjakan fitur interface seperti halnya pada desktop komputer. Untuk mendapatkan hasil yang dikehendaki, sisi client tidak harus selalu me-request ke sisi server, sehingga hasilnya lebih cepat didapat dan responsif. Adapun aplikasi website yang telah banyak memakai konsep RIA ini adalah animasi dan game.
Saat ini Microsoft Silverlight telah dikembangkan ke dalam dua generasi pengembangan, yaitu Silverlight 1.0 RC (Release Candidate) yang mengandalkan Javascript untuk menangani obyek-obyek multimedia dan animasi. Sedangkan generasi Silverlight berikutnya adalah Silverlight 1.1 Alpha Refresh yang telah dikembangkan dengan teknologi .NET Framework.
Untuk saat ini Silverlight baru dapat dinikmati oleh pemakai Sistem Operasi Windows dan Mac OS. Adapun browser yang telah mendukung plug-in ini adalah IE6, IE7, Mozilla Firefox, Opera dan Safari
Download Silverlight

0 komentar:

Posting Komentar

 

KuMpulAn KU™ © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by SPARTA 3